Senin, 20 Januari 2020

PENTINGNYA AUDIT SDM BAGI PERUSAHAAN


Dalam mencapai tujuan perusahaan, manajamen memberikan perhatian utama terhadap penggunaan Sumber Daya Alam (SDA). Selain SDA, kontribusi Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu mendapat perhatian dari manajemen perusahaan guna membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
SDM memiliki peranan yang penting bagi pengelolaan perusahaan. SDM yang berkualitas diyakini dapat menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan setiap keputusan yang di ambil oleh perusahaan lebih berkualitas. Agar dapat menciptakan nilai tambah yang baik bagi perusahaan, maka perlunya pengelolaan SDM dan peningkatan tanggung jawab yang dilakukan oleh seluruh lapisan karyawan.
Audit SDM merupakan penilaian dan analisis yang komprehensif terhadap program-program SDM. Audit SDM menekankan penilaian (evaluasi) terhadap berbagai aktivitas SDM yang terjadi pada perusahaan dalam rangka memastikan apakah aktivitas tersebut telah berjalan secara ekonomis, efisien, dan efektif dalam mencapai tujuannya serta memberikan rekomendasi perbaikan atas berbagai kekurangan yang masih terjadi pada aktivitas SDM yang diaudit untuk meningkatkan kinerja dari program/aktivitas tersebut.
Audit SDM cukup penting bagi perusahaan karena menyangkut dengan ekonomisasi, efisiensi, dan efektifitas perusahaan. Dengan adanya audit SDM, dapat digunakan untuk memperjelas tugas-tugas dan tanggung jawab departemen SDM, mendorong terjadinya keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM, menemukan masalah-masalah yang kritis, memastikan ketaatan berbagai program terhadap ketentuan hukum, peraturan, dan kebijakan yang berlaku di perusahaan, serta dapat memberikan evaluasi yang cermat terhadap sistem informasi sumber daya manusia.





SUMBER:
Bayangkara, IBK. 2019. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENTINGNYA AUDIT SDM BAGI PERUSAHAAN

Dalam mencapai tujuan perusahaan, manajamen memberikan perhatian utama terhadap penggunaan Sumber Daya Alam (SDA). Selain SDA, kontribus...